Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Masalah Umum Nintendo Switch dan Cara Memperbaikinya

6 Masalah Umum Nintendo Switch dan Cara Memperbaikinya

Nintendo Switch adalah perangkat keras pintar yang memungkinkan Anda memainkan game saat bepergian atau terhubung ke TV. Biasanya, Nintendo Switch bekerja dengan sempurna, memungkinkan Anda memainkan waralaba Nintendo yang hebat seperti Mario, Zelda, dan Animal Crossing tanpa keluhan.

Namun, Switch tidak kebal terhadap masalah. Ada banyak masalah potensial yang mungkin Anda temui di perangkat keras dan perangkat lunak. Jika Anda kurang beruntung dan menemukan diri Anda dengan konsol yang tidak bisa bermain bola, kami telah mengumpulkan masalah Nintendo Switch yang paling umum dan cara memperbaikinya.

1. Baterai Cepat Habis

Baterai Switch akan lebih cepat habis jika Anda bermain game intensif, menggunakan internet, atau memiliki kecerahan tinggi.

Baterai Cepat Habis

Ada berbagai cara agar baterai Nintendo Switch Anda lebih awet . Misalnya, turunkan kecerahan Anda melalui Pengaturan Sistem > Kecerahan Layar . Matikan Wi-Fi dan Bluetooth melalui Pengaturan Sistem > Mode Pesawat dan aktifkan .

Durasi baterai juga tergantung pada jenis Switch yang Anda miliki:

  • Baterai OLED Switch dan Switch standar apa pun dengan nomor seri yang dimulai dengan "XK" memiliki baterai sekitar 4,5 hingga 9 jam.
  • Sakelar standar dengan nomor seri awal "XA" memiliki baterai sekitar 2,5 hingga 6,5 ​​jam.
  • Switch Lite memiliki baterai sekitar 3 hingga 7 jam.

Karena baterainya adalah lithium-ion, efektivitasnya akan berkurang seiring waktu. Menurut Nintendo, setelah 800 siklus pengisian daya, masa pakai baterai konsol akan berkurang hingga sekitar 80% dibandingkan dengan konsol baru.

Namun, jika baterai Anda hampir tidak bertahan beberapa jam, Anda harus menghubungi Nintendo untuk diperbaiki.

2. Tidak Ada Ruang untuk Menginstal Game

Switch menawarkan penyimpanan internal 32GB, yang sebagian dicadangkan untuk sistem. Ini berarti bahwa jika Anda suka mengunduh banyak permainan dan menyimpannya di sistem Anda dalam jangka panjang, tidak akan lama sebelum Anda kehabisan ruang.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini. Pertama, Anda dapat menggunakan alat manajemen data Switch untuk mengosongkan ruang . Buka Pengaturan Sistem > Manajemen Data > Arsip Cepat . Di sini Anda dapat menghapus instalan perangkat lunak, yang selalu dapat Anda unduh ulang nanti.

Tidak Ada Ruang untuk Menginstal Game

Kedua, Anda dapat membeli kartu microSD (hingga 2TB) dan memasukkannya ke dalam Switch Anda. Lalu, buka Pengaturan Sistem > Manajemen Data > Pindahkan Data Antar Sistem/kartu microSD . Ini memungkinkan Anda memindahkan game dari penyimpanan internal ke eksternal.

3. Goresan atau Tanda di Layar

Jika layar Switch Anda kotor, mungkin karena sidik jari atau saat Anda membawanya keluar, ambil kain mikrofiber dan usap layar dari atas ke bawah. Jangan menekan layar dengan paksa. Anda bisa menggunakan sedikit air jika perlu—hanya untuk sedikit membasahi kain, jangan sampai menetes.

Jika layar tergores, itu lebih sulit. Goresan adalah masalah umum saat mengambil Switch masuk dan keluar dari dok. Anda mungkin bisa menghilangkan goresan ringan dengan kain, tetapi jangan terlalu berharap. Menerapkan pelindung layar mungkin menyembunyikan goresan yang lebih kecil, dan itu akan membuat Anda tetap aman untuk masa depan juga.

Jika ada goresan dalam yang tidak dapat Anda atasi, Anda dapat membeli dan mengganti layar sendiri. Tapi ini adalah prosedur lanjutan, jadi Anda sebaiknya berbicara dengan Nintendo tentang perbaikan. Perlu diketahui bahwa ini tidak tercakup dalam garansi.

4. Pengontrol Joy-Con Tidak Sejajar atau Melayang

Apakah Joy-Cons Anda berperilaku buruk? Mungkin konsol Anda tidak mendaftarkannya atau tidak merespons input dengan benar.

Pertama, dari layar beranda, pilih Controllers untuk memastikan mereka terhubung ke Switch. Jika tidak, Anda dapat mencari dan memasangkan Joy-Cons dari sini.

Kedua, perbarui firmware pengontrol Anda melalui Pengaturan Sistem > Pengontrol dan Sensor > Perbarui Pengontrol .

Pengontrol Joy-Con Tidak Sejajar atau Melayang

Ketiga, kalibrasi ulang pengontrol Anda melalui Pengaturan Sistem > Pengontrol dan Sensor > Kalibrasi Stik Kontrol dan ikuti petunjuk di layar.

Jika pengontrol Joy-Con Anda melayang, Anda mungkin tidak menemukan ini berfungsi. Ini adalah masalah perangkat keras yang diketahui dan sering dilaporkan dengan Nintendo Switch. Setelah mengabaikan masalah selama bertahun-tahun, Nintendo akhirnya mengakui masalahnya dan sekarang akan memperbaiki Joy-Cons Anda (atau Switch Lite, di mana Anda tidak dapat melepaskan pengontrol) secara gratis.

5. Tidak Dapat Terhubung ke Internet

Ada banyak alasan untuk membuat Switch Anda tetap terhubung ke internet. Anda dapat memperoleh manfaat dari pembaruan perangkat lunak, mengunduh game, bermain melawan orang lain secara online, dan banyak lagi. Jadi, ketika Switch Anda tidak dapat terhubung ke internet, itu membuat frustrasi.

Langkah pertama yang paling mudah adalah memulai ulang Switch Anda. Tahan tombol daya fisik di konsol, lalu pilih Opsi Daya > Mulai Ulang .

Tidak Dapat Terhubung ke Internet

Jika tidak berhasil, buka Pengaturan > Internet > Uji Koneksi untuk meninjau pengaturan. Pastikan Anda terhubung ke jaringan yang benar (terutama jika Anda sering berpindah-pindah saat bepergian). Catat kode kesalahan apa pun dan teliti secara online.

Periksa juga halaman Informasi Pemeliharaan Jaringan Nintendo untuk melihat apakah masalahnya ada di pihak Nintendo.

Jika Anda masih memerlukan bantuan, lihat panduan kami untuk memperbaiki Switch yang tidak dapat terhubung ke internet.

6. Piksel Mati di Layar

Jika Anda melihat titik hitam atau terang di layar yang permanen, apa pun game yang Anda mainkan, ini adalah piksel macet atau mati .

Piksel mati dapat muncul karea kesalahan penanganan dan kerusakan pengguna, tetapi juga dapat terjadi selama pembuatan. Menurut Nintendo:

Sejumlah kecil piksel yang macet atau mati merupakan karakteristik layar LCD. Ini normal dan tidak boleh dianggap sebagai cacat.

Jika Switch Anda memiliki piksel mati di luar kotak, gunakan hak konsumen Anda untuk mengembalikan produk.

Jika piksel mati terjadi setelah Anda memiliki Switch untuk sementara waktu, Anda mungkin perlu menerimanya (itu hanya akan ada di konsol itu sendiri, dan tidak akan muncul di TV saat dipasang ke dok).

Atau, cobalah dan hubungi Nintendo—mungkin menawarkan untuk memperbaiki jika Anda mendorong cukup keras.

Jangan Tunda Jika Anda Perlu Memperbaiki Nintendo Switch Anda

Nintendo Switch Anda memiliki garansi 12 bulan. Ini berarti bahwa jika konsol gagal karena kesalahan pada perangkat keras Nintendo, perusahaan akan memperbaikinya tanpa biaya. Karena itu, jika Anda melihat cacat pada Switch yang tidak dapat Anda atasi, jangan tunda untuk menghubungi Nintendo untuk melaporkannya.

Posting Komentar untuk "6 Masalah Umum Nintendo Switch dan Cara Memperbaikinya"